081329655522
081329655522
081329655522
291746FB

Apa itu kuret/vakum aspirasi dan apakah diperlukan paska aborsi medis?

Selasa, November 8th 2016. | Komplikasi Aborsi Medis
Kuret atau dilatasi dan kuret (D&C) merupakan intervensi bedah untuk mengeluarkan isi rahim. Kadang perawatan ini diperlukan jika ada komplikasi paska aborsi medis atau keguguran.

Namun, di beberapa negara dokter terbiasa melakukan kuret meskipun tidak diperlukan secara medis. Anda TIDAK memerlukan kuret jika hasil USG menunjukkan masih ada sedikit sisa-sisa dalam rahim atau mengalami perdarahan lebih dari 3 minggu namun tidak ada nyeri, demam, atau perdarahan berat. Sedikit sisa-sida dalam rahim dapat ditangani menggunakan dosis ekstra Misoprostol atau anda dapat menunggu hingga periode menstruasi selanjutnya. Kemungkinan besar rahim akan bersih dengan sendirinya. Menstruasi reguler akan kembali dalam 4-6 minggu paska aborsi medis. Setelah menstruasi kembali normal, tidak akan ada sisa jaringan yang tertinggal dalam rahim anda.
Namun, jika anda mengalami keluhan seperti demam, nyeri berkepanjangan dan perdarahan berat, intervensi seperti vakum aspirasi diperlukan. Tanyakan pada dokter prosedur jenis apakah yang ia gunakan karena lebih baik menggunakan vakum aspirasi dibandingkan bedah kuret atau D&C (vakum aspirasi memiliki sedikit resiko dan tidak terlalu menyakitkan).
Semua prosedur harus dilakukan dibawah anestesi lokal atau umum!

Sumber ilmiah:

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) “Jika perempuan dalam keadaan baik, perdarahan yang berlanjut atau sisa jaringan dalam Rahim (yang dideteksi melalui USG) bukan merupakan indikasi untuk intervensi operasi. Sisa-sisa hasil konsepsi akan dikeluarkan melalui perdarahan vaginal berikutnya. “Evakuasi Rahim melalui operasi dapat dilakukan atas permintaan perempuan apabila perdarahan terlalu berat atau berkepanjangan, atau menyebabkan anemia, atau terdapat bukti terjadinya infeksi”.
Jika USG menunjukkan ada sisa-sisa dalam rahim namun anda merasa baik-baik saja, tunggulah hingga beberapa minggu. Jika anda mulai memperhatikan gejala komplikasi, pergilah ke dokter sesegera mungkin. Bacalah artikel ini “Bagaimana mengetahui anda mengalami komplikasi dan apa yang harus dilakukan?”
Dilatasi dan kuret harus digunakan hanya jika komplikasi terdiagnosa dan jika vakum aspirasi tidak tersedia. Vakum aspirasi merupakan metode bedah paling aman dan baru dan anda harus selalu menanyakan ketersediaan metode selain kuret.

Artikel lain Apa itu kuret/vakum aspirasi dan apakah diperlukan paska aborsi medis?