081329655522
081329655522
081329655522
291746FB

Apa efek samping obat-obatan aborsi medis?

Selasa, November 8th 2016. | Proses Aborsi
Aborsi medis biasanya menyebabkan efek samping seperti nyeri dan kram, juga perdarahan yang disertai dengan gumpalan dan jaringan. Mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, dan rasa panas atau demam juga dapat terjadi.

Demam terjadi setelah pemberian Misoprostol, berlangsung kurang dari 24 jam dengan panas 38 derajat celcius adalah efek samping yang wajar. Bila demam berlangsung lebih dari 24 jam atau lebih dari 38 derajat celcius, anda harus segera mencari bantuan medis.

Reaksi alergi terhadap obat-obatan dapat menyebabkan gatal-gatal (bilur-bilur gatal atau benjolan pada kulit).

Apabila efek samping yang dialami ekstrim, anda mungkin mengalami komplikasi. Silakan membaca pertanyaan “Bagaimana mengetahui terjadinya komplikasi dan apa yang harus dilakukan?” jika anda kemungkinan mengalami efek samping yang tidak biasa.

Sumber ilmiah:

Kebanyakan perempuan akan mengalami kram dan nyeri selama aborsi medis, terutama setelah penggunaan Misoprostol. Dalam banyak kajian ilmiah mengenai topic ini, kebanyakan perempuan menerangkan rasa nyeri yang dialami sedikit lebih buruk dibanding nyeri menstruasi biasa.
Beberapa perempuan mengalami mual, muntah, atau diare, namun hal ini diperkirakan sebagai efek dari awal kehamilan seperti juga efek Misoprostol. Umumnya efek samping ini akan mereda dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan medis. Sakit kepala, pusing ringan, demam, dan rasa panas adalah gejala-gejala yang juga hilang dengan sendirinya.

Artikel lain Apa efek samping obat-obatan aborsi medis?